Evaluasi Hasil Belajar Satu Semester Siswa Pondok Pesantren Modern ZIIS Ikuti Penilaian Akhir Semester

Evaluasi Hasil Belajar Satu Semester Siswa Pondok Pesantren Modern ZIIS Ikuti Penilaian Akhir Semester

Evaluasi Hasil Belajar Satu Semester Siswa Pondok Pesantren Modern ZIIS Ikuti Penilaian Akhir Semester

Selepas menuntaskan rangkaian kegiatan Penilaian Lisan Semester pada Sabtu, 26 November 2022. Tepat pada pekan berikutnya, Pondok Pesantren Modern ZIIS melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa secara tertulis melalui Penilaian Akhir Semester (PAS). Penilaian Akhir Semester merupakan bagian dari evaluasi atau pengukuran kompetensi peserta didik berdasarkan standar yang telah ditetapkan pada setiap mata pelajaran. Hasil dari Penilaian Akhir Semester ini selanjutnya akan diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa selama satu semester. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester ini berlokasi di kampus masing-masing dan dimulai pada Senin 28 November sampai Kamis 8 Desember 2022.

Selama masa-masa ujian ini kegiatan belajar mengajar ditiadakan, namun siswa diperkenankan untuk belajar secara mandiri dengan didampingi oleh guru-guru yang bertugas. Pendampingan belajar ini dimaksudkan agar siswa dapat lebih disiplin waktu serta memaksimalkan waktu luang untuk hal yang bermanfaat. Dalam hal ini diharapkan siswa dapat belajar secara maksimal untuk mata pelajaran yang akan diujikan pada keesokan harinya. Waktu belajar mandiri dilaksanakan pada siang hari yaitu pukul 13.00 sampai 14.20 dilanjutkan malam hari selepas salat isya sekitar pukul 19.30 sampai pukul 21.00. Adapun waktu-waktu di luar jam tersebut, siswa diperkenankan untuk beristirahat atau melakukan hal-hal lain selain belajar.

Al-Ustadz Maulana Jefri, S.Pd selaku pengajar Bahasa Inggris serta pendamping belajar siswa menuturkan, “adanya waktu khusus belajar mandiri ini memberikan banyak manfaat bagi siswa, sebab siswa jadi lebih bisa menyiapkan diri untuk mata pelajaran yang diujikan keesokan harinya, kegiatan siswa pun jadi lebih bermanfaat untuk berdiskusi soal pelajaran bukan sekadar mengobrol yang tidak perlu. Adapun dengan adanya dampingan para guru, siswa bisa lebih termotivasi untuk belajar. Tidak jarang siswa mendatangi pendamping untuk bertanya atau diajari materi tertentu.”

Selain itu, Zidni Ilman Nafi’an siswa kelas XI MIPA 1 juga menyampaikan, “saya merasa senang dengan adanya sesi belajar mandiri ini, karena saya bisa lebih fokus untuk meluangkan waktu mempelajari apa yang saya mau dan apa yang saya rasa perlu untuk lebih didalami. Selain itu dengan adanya pendampingan dari guru kalau ada materi yang saya kurang paham saya bisa langsung bertanya kepada guru. Saya berharap di Penilaian Akhir Semester ini dapat memperoleh hasil yang terbaik, saya bisa maksimal dalam mengerjakan soal dan saya juga bisa mengambil makna bahwa PAS ini hendaknya dijadikan sarana untuk memaksimalkan belajar bukan menjadikan PAS sebagai ujian yang tidak menyenangkan.”

Komentar (0)

Tinggalkan komentar

whatsapp