Pondok Pesantren Modern ZIIS merupakan suatu lembaga kependidikan berbasis islami yang terletak di Jalan Raya Cikidang No. 13, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Tolak ukur keberhasilan suatu lembaga pendidikan salah satunya dapat dilihat dari kualitas kurikulum yang digunakan. Ponpes Modern ZIIS tentunya menggunakan kurikulum nasional yang diseimbangkan dengan kurikulum pesantren seperti ponpes pada umumnya. Namun, Ponpes Modern ZIIS juga memiliki kurikulum yang menjadi ciri khas tersendiri, yaitu kurikulum entrepreneurship yang berlaku untuk jenjang SMA. Kurikulum berbasis entrepreneurship di Ponpes Modern ZIIS merupakan kurikulum nasional yang diperkaya dengan pendidikan entrepreneurship (kewirausahaan) karena konsep pendidikan nasional terbuka untuk pengayaan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional yang memberikan banyak ruang bagi lembaga pendidikan untuk membuat dan mengelola kurikulumnya sesuai dengan kompetensi wilayah atau lingkungan yang dimilikinya.
Terbentuknya kurikulum entrepreneurship di Ponpes Modern ZIIS terinspirasi dari sosok Bapak H. Casiwan H.S yang merupakan seorang pengusaha muslim yang sangat sukses. Selain itu, beliau juga merupakan donatur utama, penggagas, pendiri, serta salah satu pimpinan dari Ponpes Modern ZIIS. Selain itu, kurikulum entrepreneurship dilatarbelakangi oleh pemikiran yang menilai entrepreneurship mampu meningkatkan daya kreatifitas peserta didik. Ponpes Modern ZIIS sebagai lembaga pendidikan ingin mengembangkan pola pikir entrepreneur pada peserta didik menuju era pasar global dan bisa menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, tanggung jawab, semangat, berjiwa pemimpin, serta mandiri.
Era globalisasi di depan mata, hal ini menjadi tugas besar dalam dunia pendidikan. Sejauh ini pendidikan merupakan masalah yang urgent dalam lajunya pembangunan nasional yang dituntut adanya generasi yang lebih maju dengan mempersiapkan peserta didik untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta untuk mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa sekarang ini. Maka dari itu, kurikulum entrepreneurship di Ponpes Modern ZIIS memadupadankan antara ilmu kewirausaahan (baik secara substansi nilai-nilai kewirausahaan maupun aplikasinya pada setiap proses pembelajaran) dengan ilmu informatika. Hal tersebut diharapkan dapat membekali peserta didik dengan soft skill dan hard skill dalam berwirausaha yang mumpuni guna menjawab masalah peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk bisa bersaing di era global. Selain itu, kurikulum berbasis entrepreneurship ini juga diharapkan dapat menjadi kurikulum kunci yang akan menjadi ukuran keberhasilan sekolah menciptakan lulusan yang berdaya saing tinggi di pasar kerja sehingga keluaran dari pendidikan Indonesia mampu menjadi solution maker untuk bangsanya, bukan problem maker.